Pajak Penghasilan Atas Jasa Konstruksi

Pengertian

  1. Jasa Konstruksi adalah layanan jasa konsultasi, perencanaan pekerjaan konstruksi, layanan jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan layanan jasa konsultasi pengawasan konstruksi;
  2. Pekerjaan konstruksi adalah keseluruhan atau sebagian rangkaian kegiatan perencanaan dan atau pelaksanaan beserta pengawasan yang mencakup pekerjaan arsitetural, sipil, mekanikal, elektrikal dan tata lingkungan, masing-masing berserta kelengkapannya untuk mewujudkan suatu bangunan atau bentuk fisik lain;
  3. Pengguna jasa adalah orang pribadi atau badan sebagai penerima tugas atau pemilik pekerjaan/proyek yang memerlukan layanan jasa konstruksi;
  4. Penyedia jasa adalah orang pribadi atau badan yang kegiatan usahanya menyediakan layanan jasa konstruksi pribadi. Penyedia jasa terdiri dari perencana konstruksi, pelaksana konstruksi dan pengawas konstruksi.

Subjek dan Objek Pajak

Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap yang menerima penghasilan dari usaha di bidang jasa konstruksi.

Tarif 

Wajib Pajak dalam negeri dan BUT yang menerima penghasilan dari jasa konstruksi dikenakan :

  1. Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 23 bila pengguna jasa adalah badan pemerintah, subjek pajak badan dalam negeri, bentuk usaha tetap atau WP Orang Pribadi dalam negeri yang ditunjuk oleh Direktur Jenderal Pajak dipotong PPh Pasal 23 pada saat pembayaran uang muka dan termin dan tidak final.
  2. Pajak berdasarkan ketentuan PPh Pasal 25 bila pengguna jasanya selain angka 1 dan tidak final.
  3. Besarnya pemotongan PPh Pasal 23 tersebut adalah 15% dari perkiraan penghasilan neto. Perkiraan penghasilan neto untuk jasa konstruksi adalah :
    – Atas WP penyedia jasa perencanaan konstruksi = 26 2/3%
    – Atas WP penyedia jasa pelaksanaan konstruksi = 13 1/3%
    – Atas WP penyedia jasa pengawasan kosntruksi = 26 2/3% 
  4. Jumlah bruto adalah jumlah imbalan yang dibayarkan seluruhnya, termasuk pemberian jasa dan pengadaan material/barangnya.

Wajib Pajak Dalam Negeri dengan kualifikasi usaha kecil berdasarkan sertifikasi yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang dan nilai pengadaannya sampai dengan Rp. 1 milyar, dikenakan PPh Final :

  • 4% dari jumlah bruto atas jasa perencanaan konstruksi;
  • 2% dari jumlah bruto atas jasa pelaksanaan konstruksi;
  • 4% dari jumlah bruto atas jasa pengawasan konstruksi.

Tata Cara Pemotongan

  1. Bila pengguna jasa adalah badan pemerintah, subjek pajak badan dalam negeri, bentuk usaha tetap atau Wajib Pajak Orang Pribadi dalam negeri yang ditunjuk oleh Direktur Jenderal Pajak dipotong oleh pengguna jasa pada saat pembayaran.
  2. Bila pengguna jasa adalah selain diatas, disetor sendiri oleh penerima penghasilan pada saat pembayaran.
Dalam hal wajib pajak telah memenuhi kualifikasi sebagai usaha kecil berdasarkan sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang tetapi nilai pengadaannya lebih dari Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah), maka atas penghasilan yang diterima atau diperolehnya dikenakan PPh berdasarkan ketentuan umum UU PPh.

Tata Cara Pembayaran dan Pelaporan

  1. Pembayaran/penyetoran pajak baik atas pemotongan maupun atas penyetoran sendiri dilakukan ke bank persepsi atau PT Pos paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya setelah masa pajak berakhir.
  2. WP wajib menyampaikan laporan pemotongan dan atau penyetoran pajaknya paling lambat tanggal 20 bulan berikutnya setelah masa pajak berakhir.

Satu Balasan ke Pajak Penghasilan Atas Jasa Konstruksi

  1. dudu mengatakan:

    Mulai tahun pajak 2008, seluruh jasa konstruksi telah final dan pelaporan SPT PPh Badan-nya pun Final.

    Dasar Hukum : Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: